Mari kita cegah Pemanasan Global, Bumi kita hanya Satu. Jadilah sahabat bagi Bumi

Minggu, Januari 04, 2009

Inconvenient Truth by Al Gore



Sumber http://www.pemanasanglobal.net/

Film dokumenter pemenang Academy Awards 2007 ini bercerita isu moral mengenai perubahan iklim dunia. Film ini disutradarai oleh Davis Guggenheim dan didukung Al Gore, mantan Wakil Presiden Amerika Serikat. Film dibuat atas dasar keprihatinan bersama pihak-pihak yang peduli akan pemanasan global.

Dalam An Inconvenient Truth, diceritakan global warming menyebabkan berbagai permasalahan dunia. Permukaan air laut perlahan naik sampai menelan pantai timur Amerika. Gedung pencakar langit World Trade Center (yang sempat dibom 11 September 2001) bahkan ikut tenggelam. Ini memang baru simulasi komputer dalam film itu.

Global warming akan dirasakan seluruh dunia tanpa terkecuali: Afrika akan mengalami kekeringan, Asia akan mengalami banjir, Amerika akan mengalami badai dan tornado, serta seluruh dunia akan mengalami dampak naiknya air laut. Semua ini akan menghancurkan Bumi dan diperkirakan 100 juta orang lebih bisa terancam.

Kenapa tidak begitu terasa? Analogi menarik dipaparkan film ini. Bila kodok dimasukkan dalam air mendidih, ia akan melompat kembali keluar. Namun, bila kodok dimasukkan dalam air yang normal kemudian perlahan dipanaskan, kodok itu tak akan melompat keluar. Ini sama dengan manusia yang tidak merasa khawatir akan pemanasan Bumi, padahal Bumi terancam.

Banyak hal yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini, yang intinya kita semua harus hemat energi, baik listrik, industri, minyak, dan lain-lain. Semua pihak harus berusaha untuk menanggulangi global warning. Maka, tidak salah apabila film ini harus diangkat ke tengah publik dan wajib ditonton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar